Monthly Archives: November, 2012

Agen Rahasia di Fesbuk #2 : Nama yang Aneh

Haaai semua! Kembali lagi di sini, “Agen Rahasia di Fesbuk”. Sesuai dengan semboyan asal mula artikel ini dibuat, “Kalau Terlalu Serius dalam Belajar, Nanti Jadi Meninggal”. Jadi, aku akan menulis artikel ini untuk merefresh otak-otak kalian yang sering dipake buat ngapal-ngapal rumus yang aneh-aneh dan super nyebelin.

Oh iya,,,
Kalian masih ingat nggak cerita yang kemarin???
?
?
?
Kalau aku udah lupa,,,
#Gubrakkkk,,, xD

Yaudah deh, yaudah. Sekarang kita akan mulai serius dengan agen rahasia sekaligus detektif terhebat dan terkenal dengan analisisnya yang memukau seluruh penduduk nusantara khususnya di Sumatera Utara. Yang bekerja di lembaga independen yang terkenal sekaligus banyak disewa oleh orang-orang terkenal untuk memecahkan kasus-kasus pembunuhan ataupun yang lainnya dan juga bisa menyamar dan memata-matai siapa saja. Dan juga kadang-kadang mempunyai kesibukan di luar negeri untuk memata-matai negara tersebut. Tapi sayangnya dia tertangkap oleh warga yang berada di negara itu dan akhirnya dijebloskan ke penjara. Terus merana dan galau sepanjang hari, dan akhirnya menemukan solusi biar nggak galau lagi. Solusinya adalah dia masuk ke dalam dunia pemblogger. Dan dia merubah profesinya dari yang dulu sebagai agen rahasia dan detektif menjadi admin blogger yang sukses sampai sekarang. Dan dia bernama,,,
#Tetteret tereeeet,,,
HILMAN FIKRY

Begitulah kisah perjuangan seorang Hilman Fikry dan semoga kalian bisa mengambil hikmah dibalik perjuangan seorang Hilman Fikry, bai bai!!!!!

# to be continued

Reader : “Hei, tunggu-tunggu! Lanjutan cerita yang kemarin mana?”
Saya : “Uppps, aku lupa. Gara-gara kebanyakan ngomong jadi lupa”
Reader : “Jadi kapan?”
Saya : “Kalau saya masih hidup, insya Allah tahun depan”
Reader : (#Gubrakkkkk #pingsan)

Jangan jadi ‘Silent Reader’ ya. Setiap komentar anda akan menjadi semangatku untuk menulis postingan yang lain dan setiap komentar anda akan mempengaruhi keberlangsungan blog ini. Jika kalian ingin meng-copy-paste semua artikel ini, harap mencantumkan sumbernya.

Perview : Agen Rahasia di Fesbuk #1 : Nama yang Aneh

Next : Agen Rahasia di Fesbuk #3 : Nama yang Aneh

Agen Rahasia di Fesbuk #1 : Nama yang Aneh

Ok, selamat bertemu kembali di blog yang cukup aneh ini. HILMFIKSM BLOG. Kalau terlalu serius belajar, nanti jadi pusing, kalau jadi pusing, nanti jadi nggak konsentrasi dlm belajar, kalau jadi nggak konsentrasi dalam belajar, nanti jadi malas, kalau jadi malas, nanti jadi bodoh, kalau jadi bodoh, nanti jadi nggak juara, kalau jadi nggak juara, nanti jadi stress, kalau jadi stress, nanti jadi nggak naik kelas, kalau nggak jadi naik kelas, nanti jadi gila, kalau jadi gila, nanti jadi nggak punya pekerjaan, kalau jadi nggak punya pekerjaan, nanti jadi nggak punya uang, kalau jadi nggak punya uang, nanti jadi nggak makan, kalau jadi nggak makan, nanti jadi sakit, kalau jadi sakit, nanti jadi meninggal. (Huft, panjang amat yak?). Jadi, bisa disimpulkan kalau terlalu serius dalam belajar, nanti jadi meninggal. Maka dari itu aku akan menanbahkan jenis postingan dalam blog ini yaitu postingan humor yang berjudul “Agen Rahasia di Fesbuk”. Oke, tujuan utama postingan ini adalah untuk memata-matai setiap orang yang berada di Facebook. Orang-orang yang saya mata-matai biasanya orang yang membuat status aneh di Facebook, jadi WASPADALAH!!! Jangan sampai anda menjadi korban selanjutnya untuk saya mata-matai.

Ok, inilah korban pertama yang menjadi topik pembahasan kita :

Neno Cwiith Malaikatkecilbersayap Chiihhajjaa
..for many times.. Aq lagi lagi dkecewakan
1 jam yang lalu · · 8 · Suka · Bagikan · 8 Komentar

Dari sini ada beberapa kata yang tidak saya mengerti seperti kata :
“Cwiith”, “Malaikatkecilbersayap”, “Chiihhajjaa”, “Aq”, dan “dkecewakan”
Dalam status ini, dapat kita ketahui bahwa yang membuat status bernama “Neno Cwiith Malaikatkecilbersayap Chiihhajjaa”, tapi ada beberapa keganjilan yang aku temukan dalam nama ini… Namanya sangat terlalu panjang… Apakah ini tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk mengisi nama pada saat ujian? Atau jangan-jangan, menurut analisisku ini adalah nama samaran yang dipakai agar identitas aslinya tidak diketahui. Atau jangan-jangan dia juga sama-sama seperti saya, dia juga agen rahasia yang memakai nama samaran? Tunggu dulu,,, aku tidak boleh mengambil terlalu cepat kesimpulan. Yang tidak aku mengerti adalah kata “Cwiith”, apa maksudnya? Mungkinkah kata ini adalah bahasa asing? Yang pertama yang timbul dalam pikiranku adalah kata Cwiith = With = Dengan(?) Atau juga Cwiith = Sweet (cara bilangnya hampir sama) = Manis(?)
Jadi, jika diartikan menjadi :
“Neno dengan Malaikatkecilbersayap Chiihhajjaa” atau “Neno Manis Malaikatkecilbersayap Chiihhajjaa”. Mungkin yang lebih cocok yang kedua kali ya,,, “Neno Manis Malaikatkecilbersayap Chiihhajjaa”.
Kata yang kedua yang tidak saya mengerti adalah “Malaikatkecilbersayap”, kira-kira apa ya. Saatnya utk berkonsentrasi……..
“Cliiink”, akhirnya aku tahu, mungkin yang dimaksud adalah “Malaikat Kecil Bersayap” dengan memakai spasi, tapi kenapa dibuatnya tidak memakai spasi? Apakah terdapat alasan tertentu dibalik semua ini? Atau jangan-jangan…..

#to be continued

Baca juga….
Agen Rahasia di Fesbuk #2 : Nama yang Aneh

Hukum Newton

Hukum Newton itu bukan berarti Newton dihukum XD, tetapi ini adalah ketetapan-ketetapan yang dibuat oleh Newton. Hukum Newton ada 3. Mau tau, mau tau, mau tau? XD Ini dia :

1. Hukum I Newton
Tau nggak apa bedanya Hukum I Newton dengan Hukum Newton I. Perbedaannya adalah kalau Hukum I Newton itu hukum pertama Newton, tetapi kalau hukum Newton I itu hukum Newton pertama, artinya Newtonnya ada banyak XD. Maka jarang orang nyebutkan Hukum Newton I. Okay, nggak usah basa-basi lagi, langsung intinya aja :
“Setiap benda akan diam atau bergerak lurus beraturan apabila resultan gaya yang bekerja padanya bernilai nol”
Karena benda yg bergerak tidak akan berhenti bergerak apabila tidak ada gaya, maka akan timbul pertanyaan “mengapa bola yang sedang bergerak bisa berhenti?”. Itu karena ada gaya gesekan antara bola dengan tanah yang dapat membuat bola berhenti.
Kalian tau nggak, hukum newton yang pertama ini dipakai loh dalam film Detektif Conan sebagai sebuah analisis. Begini ceritanya, ada sebuah mayat ditemukan di limbah sampah di bawah jalan raya. Conan sudah tahu pelaku yang membunuh mayat itu. Dia adalah seorang perempuan yang bekerja di salon. Conan mengetahuinya karena dia bersikap aneh sekali. Tetapi, bagaimana cara si pelaku untuk membuang mayat tersebut jika antara tempat salonnya dan limbah sampah tersebut jaraknya sangat jauh dan di bawah tempat salon ada sebuah jalan dan di bawah jalan itu terdapat limbah sampah itu?

Ternyata si pelaku memanfaatkan hukum newton yang pertama untuk menerbangkan mayat itu. Mau tau kisah selanjutnya dan bagaimana caranya? BELI KOMIK CONAN DI TOKO TERDEKAT XD.
Back to point, jadi rumus Hukum I Newton adalah :
ΣF = 0

2. Hukum II Newton
“Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada sebuah benda sebanding dengan besar gaya itu dan berbanding terbalik dengan massa benda, arah percepatan sama dengan arah resultan gaya”
a = ΣF / m

3. Hukum III Newton
“Setiap ada gaya aksi, selalu timbul gaya reaksi dalam garis kerja yang sama. Gaya aksi sama besarnya dengan gaya reaksi, tetapi arahnya berlawanan”
F aksi = – F reaksi

Saat Kejujuran Ditertawakan

Sebenarnya tulisan ini udah lama ingin aku buat. Cuma karena banyaknya kesibukan sehingga nggak kesampaian terus buat nulisnya. Lagipula saat itu aku dalam keadaan emosi. Gue pikir kurang baik menuangkan suatu pemikiran dalam keadaan emosi.

Kolega Save us, saat aku menulis ini nggak ada kepikiran buat menyombongkan diri dengan berkata aku nih orang jujur, dan kamu nggak jujur. Nggak ada! Sejujur-jujurnya aku bilang aku masih jauh dari predikat orang jujur. Kadangkala sebagai manusia aku juga sering khilaf. Tapi yang jelas, aku percaya kalo jujur itu adalah suatu kebenaran. Dan kebenaran musti ditegakkan dan
diperjuangkan. Gimanapun, nggak peduli kamu dibenci dan dimusuhi, atau bahkan dibunuh. Karena aku percaya mati dalam kebenaran jauh lebih baik daripada hidup aman dalam kemunafikan. Ah, jadi kebanyakan ngelanturnya, jadi malah lupa apa
yang pengen ditulis tadi….

Kolega Save us, pernahkah kalian nyontek saat ujian? Aku pernah, dulu, saat gue masih belum begitu paham akan islam. Tapi kini insya Allah nggak lagi. Hey, kenapa pandangan kalian jadi berubah kayak gitu! Kalian nggak percaya, atau kalian nganggap tidak menyontek adalah suatu hal yang aneh? Maka bila kalian berpikir demikian, maka sungguh kalianlah yang aneh. Trus pernahkah kalian menyontekkan hasil jawaban kalian ke orang lain? Kembali sorotan mata tajam terarah ke aku. Mata sinis itu, dan cemoohan itu. Yep, karena itulah aku jadi bela-belain menuliskan tulisan ini.

Kolega Save us, aku selalu aja menghindar kalo saat ujian ada temen yang nanya atau minta dicontekin. Aku selalu pura-pura cuek, atau cari-cari alasan yang pada intinya menolak memberikan contekan. Agak risih memang dan rasanya emang nggak enak menolak permohonan teman. Hingga akhirnya suatu ketika pada saat ujian, seorang teman mencak-mencak, karena aku nggak mau mencontekin jawaban ujianku. Saat itu, asli, perasaanku nggak menentu. Aku tumpahkan kekesalanku ke teman-teman yang lain. Aku bilang gue tetap pada pendirianku, gimanapun aku ingin berpegang teguh pada prinsip, bahkan aku bilang aku berani mati demi prinsip tersebut. Nggak nyangka, respons dari temanku malah ngetawain pendapatku, padahal aku saat itu betul-betul serius. Asli, hati aku saat itu terluka dan
dangan majas hiperbola aku katakan hatiku remuk berkeping-keping. Bukan! Bukan karena akunya yang ditertawakan. Aku sakit hati karena
mereka mentertawakan kejujuran! Mentertawakan kebenaran!!

Kolega Save us, Allah memerintahkan kita berbuat jujur. Banyak ayat Al-Qur’an dan hadits yang menunjukkan demikian. Bahkan dalam suatu
hadits, Rasululullah mengatakan bahwa salah satu ciri orang munafik adalah berdusta. Nggak hanya itu, Allah juga mengharamkan perbuatan curang. Karena itu musti kita pahami bahwa ketika kita berbuat jujur, semata-mata karena itu adalah
perintah Allah, bukan karena adanya standar manfaat dari kejujuran tersebut. Sepakat?! Selain itu Allah juga memerintahkan kita tolong
menolong dalam berbuat kebaikan dan melarang kita tolong-menolong dalam berbuat keburukan.

Firman Allah:
“Dan tolong menolonglah kamu dalam berbuat kebaikan dan taqwa, dan janganlah kamu tolong-
menolong dalam keburukan dan dosa” (QS Al-Maidah:2)

Dari ayat di atas jelas, bila itu perbuatan keburukan baik yang menolong maupun yang ditolong memiliki status yang sama, sama-sama berdosa. Makanya aku berprinsip mencontekkan orang lain sama dosanya dengan mencontek itu sendiri.
Bahkan bisa jadi memberi contekan dosanya lebih besar. Karena dengan memberi contekan, kita telah memberi kesempatan orang lain untuk berbuat
dosa.

“Ah, berlebihan loe. Contek-mencontek aja dibikin masalah. Gue rasa perbuatan itu wajar-wajar aja. Loe sendiri juga pasti pernah mencontek!!” mungkin ada diantara kalian yang berpikiran kayak gitu. Kolega, aku rasa penuturanku nggak berlebihan. Mencontek aku rasa adalah suatu masalah yang nggak bisa dianggap sepele. Ketika guru atau dosen telah memberikan ujian dan mengakadkan tidak boleh mencontek, buka buku dan lainnya, maka apabila kita mencontek maka kita jelas telah berbuat tidak jujur dan telah curang. Beda halnya bila akad awalnya memang diperbolehkan mencontek. Sehingga dalam hal ini haramnya mencontek sama aja status haramnya dengan daging babi, haramnya berzina, atau haramnya membunuh. Karena dalam islam nggak dikenal istilah sedikit haram, agak haram, atau sangat haram. Pokoknya kalau Allah telah melarang sesuatu, nggak ada alasan buat kita memilih-milihnya atau membuat skala prioritasnya. Jadi sekali lagi sama sekali nggak berlebihan!

Trus yang bilang contek mencontek
adalah wajar-wajar aja…, maka inilah
jawabanku : Apakah hanya karena banyak orang yang melakukan, dan itu sudah jadi tradisi, maka kita dengan seenaknya menganggap itu sebagai hal yang wajar. Trus seandainya suatu ketika zina menjadi tradisi, maka dengan entengnya kita juga bakal
menyebutnya sebagai sesuatu yang wajar. Apakah karena banyak orang yang melakukan maka itu menjadi legitimasi terhadap kebenaran perbuatan tersebut. Nggak sobat, perbuatan yang haram nggak
boleh dianggap wajar. Adalah kurang ajar bila kita memberikan predikat wajar pada sesuatu larangan Allah.

Kemudian tentang aku sendiri pasti
pernah mencontek…. Bukankah diawal-awal sudah saya tegaskan: iya, aku pernah mencontek. Tapi aku berusaha dengan sekuat tenaga untuk tidak lagi mencontek atau mencontekkan. Lagipula, apa jika gue juga seorang pencontek maka status hukum mencontek akan berubah, atau apakah itu akan jadi legitimasi bagi loe buat mencontek juga. Betapa naifnya elo bila begitu….

“Sebentar… sebentar… perbuatan. Tidak jujur kan tidak hanya mencontek…. Nah, gue juga pernah ngeliat elo misalnya berdusta, atau berbuat curang….”
Yup, seratus buat loe! nggak cuma masalah contek-mencontek. Tapi aku pengen aja nulis panjang lebar tentang masalah itu. Mengenai gue, di awal-awal gue kan udah bilang (aduuuh! Baca lagi dah mulai awal) kalo gue masih jauh dari predikat sebagai orang jujur. Kadang gue juga khilaf, misalnya berbohong dan lain sebagainya. Cuma gue yakin akan kebenaran, kalo gue tidak jujur Allah benci ama gue, dan gue bakal disiksa ntar di akhirat dan kalo gue jujur Allah bakal ridha sama gue. Jadi sedapat mungkin gue belajar jadi orang jujur. Dan gue rasa nggak salah kalo dalam keadaan yang masih jauh dari kesempurnaan ini, gue mengajak orang lain untuk berbuat jujur. Terus terang gue kurang sependapat dengan pernyataan
yang bilang jangan mendakwahi orang kalo elo sendiri belum sempurna. Lihat diri loe dulu dong! Nah, kalo semua orang berpikir kayak gitu maka
risalah islam ini hanya sampai di segelintir orang seperti sahabat-sahabat Rasul aja. Soalnya semua
orang merasa dirinya tidak sempurna dan tidak pantas untuk berdakwah.
Kalo makai perasaan emang sulit. Terkadang kita berada dalam kondisi kepepet. Kalo nggak mencontek bisa-bisa nilai kita hancur dan nggak
lulus. Trus misalnya kalo tidak memberi contekan kita bakal dimusuhi, nggak enak sama teman,
dibilang sombong atau mau pinter sendiri, atau macem-macem. Ya..itu tadi, seperti kasus yang gue
ceritain di awal, teman gue yang nggak gue contekin mencak-mencak (Padahal sebenarnya kalo dia tahu, gue sendiri saat itu dalam keadaan ‘blank’ hanya sedikit yang bisa gue jawab, sisanya
kosong atau kalo terisipun jawabannya asal). Tapi percayalah sobat, semua hal diatas: nilai hancur, nggak lulus, dibilang sombong, dimusuhi… nggak ada artinya bila dibandingkan dengan murka Allah bila kita berbuat sesuatu yang dilarang-Nya. Terlalu tidak berharga apabila kita menjual keyakinan kita hanya untuk seonggok
kenikmatan dunia yang sesaat.

Kolega Save us. Gue nggak terlalu berharap loe –dengan selembar kertas lecek potokopian buram ini- bakal berubah. Gue juga nggak peduli apakah sehabis loe baca tulisan ini loe nyumpah-nyumpah, ngetawain gue, merobek kertas ini, atau membuangnya ke tempat sampah, dijadikan coret-coretan, pesawat-pesawatan, atau malah dijadikan
kertas kerpean buat ujian. Gue nggak peduli! Gue ikhlas kok. Yang jelas sekarang gue telah punya jawaban bila kelak di akhirat Allah menyidang gue
“Ya Allah saksikanlah, hamba-Mu yang hina ini telah menyampaikan”.

Source : http:// http://saveusgue.wordpress.com/2007/04/10/saat-kejujuran-ditertawakan/

Metode Asosiasi Sangat Berguna dalam Menghapal

Ayo! Siapa yang belum tahu metode asosiasi? Metode asosiasi merupakan metode menghapal beberapa kata dengan cara mudah dan pasti akan ingat dalam jangka waktu yang cukup lama. Metode ini sebenarnya telah tercipta sejak lama. Metode ini melibatkan otak kanan yang dapat mengingat dalam jangka waktu yang lama. Metode ini sangat perlu bagi para guru, murid, maupun masyarakat umum untuk mengingat. Aku akan beri tahu metodenya. Tapi jangan beri tahu siapa-siapa karena ini bersifat rahasia. Janji ya?

Metodenya adalah,,, Yang pertama adalah kita akan mengambil huruf yang identik dengan kata yang ingin kita hapal. Contohnya, “lipase” yang kita ambil hurufnya adalah “li”. Yang kedua, buatlah kata dari huruf yang diambil. Usahakan kata tersebut unik, agar mudah dihapal. Contohnya, “lidah”. Yang ketiga, ulangilah metode yang pertama dan kedua pada kata yang lain. Hasilnya menjadi seperti ini, “LIdah ENTE DI PEPSIN” yang metrupakan asosiasi dari “LIpase, ENTErokinasi, DIsakarida, PEPSInogen, eripsiN”.

Hmmm, apakah kalian masih belum puas dengan penjelasannya? Ok, akan aku terangkan metode asosiasi yang kedua.

Contoh menghafal : Mobil – Rubik – Meja – Pesawat – Penumpang – Tusuk sate – Balon – Bom – Kapal – Gunung.

Bayangkan MOBIL yang sedang bermain RUBIK kemudian rubik pun terselesaikan dalam waktu 15 detik. Setelah selesai kemudian si mobil ini melempar rubiknya ke arah mulutnya si MEJA yang sedang menyanyikan sebuah lagu dengan nada sumbang (Terserah lagu apaan). Mejapun marah kemudian ia meludahkan rubik yang masuk kedalam mulutnya kearah atas wuuusssshhh… rubik pun terbang dengan senang dan Rubik berkata ” Yeee…. aku terbang tinggi…. sekali..!! “. Tiba dengan kecepatan 100 triliun km/detik si rubik ini menerabak PESAWAT dan kemudian pesawat ini meledak serta para PENUMPANG pun jatuh dan jatuh tepat di atas TUSUK SATE yang lagi dipegang Bu
BALON sehingga para penumpang ini pun tertusuk. Karena mereka sudah terlanjur tertusuk akhirnya bu balonpun menyatenya dan memakannya. Karena ada teroris yang termakan, akhirnya bu balonpun meledak karena BOM Duaaarr…. hingga bu balon
meninggal dunia kemudian diantar suaminya si Pak KAPAL ke GUNUNG untuk dikubur.

Waw.. memang ceritanya sangat panjang bila dituliskan. Tetapi hanya akan sangat amat sebentar sekali bila berada dalam imajinasi kita.

Yang masih belum mengerti silakan ditanyakan! ^^

Mengapa Kita Tidak Terasa Saat Bumi Sedang Berputar?

Menurut saya, ini memang pertanyaan sepele tetapi sulit untuk dijawab. Aku pernah bertanya pada teman-temanku dan juga keluargaku. Jawaban mereka adalah karena adanya gaya gravitasi bumi, apakah itu benar? Menurut saya itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan topik yang dibahas. Karena gaya gravitasi bumi menyebabkan semua benda tertarik ke bumi. Jelaskan nggak ada hubungannya? Menurut pendapat saya, kita tidak
terasa karena bagian terluar bumi, atmosfer, melindungi bumi. Mungkin juga karena bersifat relatif, bumi diam terhadap atmosfer, dan atmosfer yang bergerak. Kira-kira seperti kita yang berada di dalam komidi putar yg seluruh sisinya tertutup, kita nggak akan merasakan komidi putar itu bergerak walaupun dalam kenyataannya komidi putar tersebut bergerak. Mungkin hanya sampai disini dulu pembahasa kita. Bye.

Ada yang memiliki pendapat yang lain? Silakan komentar. ^_^

%d bloggers like this: