Hukum Newton

Hukum Newton itu bukan berarti Newton dihukum😄, tetapi ini adalah ketetapan-ketetapan yang dibuat oleh Newton. Hukum Newton ada 3. Mau tau, mau tau, mau tau?😄 Ini dia :

1. Hukum I Newton
Tau nggak apa bedanya Hukum I Newton dengan Hukum Newton I. Perbedaannya adalah kalau Hukum I Newton itu hukum pertama Newton, tetapi kalau hukum Newton I itu hukum Newton pertama, artinya Newtonnya ada banyak😄. Maka jarang orang nyebutkan Hukum Newton I. Okay, nggak usah basa-basi lagi, langsung intinya aja :
“Setiap benda akan diam atau bergerak lurus beraturan apabila resultan gaya yang bekerja padanya bernilai nol”
Karena benda yg bergerak tidak akan berhenti bergerak apabila tidak ada gaya, maka akan timbul pertanyaan “mengapa bola yang sedang bergerak bisa berhenti?”. Itu karena ada gaya gesekan antara bola dengan tanah yang dapat membuat bola berhenti.
Kalian tau nggak, hukum newton yang pertama ini dipakai loh dalam film Detektif Conan sebagai sebuah analisis. Begini ceritanya, ada sebuah mayat ditemukan di limbah sampah di bawah jalan raya. Conan sudah tahu pelaku yang membunuh mayat itu. Dia adalah seorang perempuan yang bekerja di salon. Conan mengetahuinya karena dia bersikap aneh sekali. Tetapi, bagaimana cara si pelaku untuk membuang mayat tersebut jika antara tempat salonnya dan limbah sampah tersebut jaraknya sangat jauh dan di bawah tempat salon ada sebuah jalan dan di bawah jalan itu terdapat limbah sampah itu?

Ternyata si pelaku memanfaatkan hukum newton yang pertama untuk menerbangkan mayat itu. Mau tau kisah selanjutnya dan bagaimana caranya? BELI KOMIK CONAN DI TOKO TERDEKAT😄.
Back to point, jadi rumus Hukum I Newton adalah :
ΣF = 0

2. Hukum II Newton
“Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada sebuah benda sebanding dengan besar gaya itu dan berbanding terbalik dengan massa benda, arah percepatan sama dengan arah resultan gaya”
a = ΣF / m

3. Hukum III Newton
“Setiap ada gaya aksi, selalu timbul gaya reaksi dalam garis kerja yang sama. Gaya aksi sama besarnya dengan gaya reaksi, tetapi arahnya berlawanan”
F aksi = – F reaksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: