Baiklah, karena ini hari libur, lebih baik kita bahas yang fun-fun aja. Jangan tentang pelajaran melulu. Setuju kan?
# kalau gini sih pasti banyak yang setuju xD

Tau Cardfight!! Vanguard? Tau kan? Tau kan? Pasti! Cardfight!! Vanguard adalah permainan kartu yang hampir mirip sama main Yu-Gi-Oh!. Jadi, orang yang tau Yu-Gi-Oh! pasti tau main Vanguard. Yang pasti permainan kartu Yu-Gi-Oh! atau Vanguard tidak berhubungan dengan judi. Ini nih, yang buat permainan kartu Yu-Gi-Oh! atau Vanguard nggak bisa dikembangi luas di Indonesia. Malah, di Jepang lagi banyak yang main Yugioh ataupun Vanguard, karena mereka menganggap permainan seperti itu adalah permainan yang mengasah otak. Kata ketua komunitas Yugioh Indonesia, permainan Yugioh akan mengajarkan kita logika, b. Inggris, dan filsafat.

Nah, sebenarnya apa sih bedanya main Yugioh sama Vanguard? Jelas beda lah! Dari kartunya aja udh beda. Jelas cara mainnya juga beda. Tapi perbedaan yang paling mendasar sih, main yugioh mengandalkan otak dan yang kedua adalah kartu. Kalau faktor keberuntungan main Yugioh sangat kecil. Beda sama main Vanguard, kalau main Vanguard, 50% faktor keberuntungan, 35% otak, 15% kartu. Tapi main dua-duanya sih juga enak. Dan kelebihan main Vanguard itu lebih deg-degan. (wajarlah, faktor keberuntungannya cukup besar)

Permainan kartu Vanguard adalah permainan kartu yang dibuat dari Singapura (Perusahaan Bushiroad). Sebenarnya permainan ini ada film animenya dari Jepang (judulnya : Cardfight!! Vanguard). Nah, biar supaya agak ngerti sedikit dengan Vanguard, coba Klik link di bawah ini untuk download anime Vanguard Subtitle Indonesia :
Cardfight!! Vanguard Season 1

Kalau masih nggak ngerti, nih biar saya jelaskan yg basic ttg main vanguard.

~~~~~~~~~~~~~~iklan~~~~~~~~~~~~~~~

CARDFIGHT!! VANGUARD

Imajinasikan! Kamu berada di planet Cray! Planet dimana para unit tinggal. Unit adalah beberapa kartu yang akan kamu mainkan nanti. Kamu adalah Vanguard! Kamu diberi 2 kekuatan, yaitu Ride and Call. Ride adalah kemampuan untuk mengubahmu menjadi unit-unit yang kamu inginkan, Avatarmu! Sedangkan Call adalah untuk memanggil teman-temanmu (unit) untuk membantumu menghadapi lawan! Hadapilah lawanmu dan buat Vanguard lawanmu terserang yang dapat 6 kali damage agar dia kalah! It’s Vanguard!
# maaf apabila terkesan lebay xD

Nah, pertama yang harus dipersiapkan sebelum main adalah DECK dan PLAYMAT. Deck adalah susunan kartu sebanyak 50 kartu. Kartu-kartu bebas kamu mau nyusunnya seperti apa, tapi dengan syarat :
~ kartu harus berjumlah 50
~ terdiri 34 kartu normal unit dan 16 trigger unit
~ Hanya boleh terdapat 4 unit yang sama / kembar
Dan playmat adalah tempat bermainnya. Sebenarnya sih terserah mau pakai playmat atau tidak. Kalau yang udh terbiasa sih, mereka malas pakai playmat.

Nah, jika kamu sudah memiliki persyaratan di atas, siap-siap untuk bertarung! Stand up, Vanguard!
««««««« previous
Ooooops, kamu udh tau cara bertarungnya? Belum? Nah, makanya kamu harus baca ini dulu ya?

Apa syarat yang membuatmu menjadi pemenang bermain vanguard?
Ada 2 kondisi yang membuatmu menang :
1. Lawan terkena damage 6 kali
Bagaimana cara membuat lawan terkena damage? Caranya dengan menyerang vanguard lawan dan yang pasti serangannya harus nge-hit (kena). Artinya, kalau nyerang vanguard tapi nggak nge-hit, lawan tidak akan mendapat damage.
2. Lawan kehabisan kartu di decknya
Kalau yang ini nggak perlu dijelaskan, palingan ngerti sendiri.

Oke, setelah ini saya akan membahas tutas dan sedetail-detailnya sebuah kartu Vanguard. Biar ngerti fungsi-fungsinya gitu. Tapi harap sabar dulu ya, saya nggak bisa nge-postnya disini. So, lihat terus update-tan yang terbaru di Hilmfiksm.

“Arigatou, Sayonara!”

Previous : –
Next : Cara Bermain Cardfight!! Vanguard #2 : Kartu

Advertisements

29 thoughts on “Cara Bermain Cardfight!! Vanguard #1 : Pengenalan

    1. Cara membuat lawan terkena damage : serang vanguarnya..
      Vanguard itu yg kalo diserang ga mati, tapi kena damage.. Sdgkan Rearguard, yg kalo diserang mati/hancur (retire)…

  1. woww..kakak suka banget yaa sama vanguard?!Aku juga suka vanguard tapi tidak kayak kakak.banyak yang masih aku ga ngerti tentang vanguard..

  2. Trima kasih! Aku sdh ngerti tapi aku punya pertanyaan nih… Dalam satu deck klan semua kartu dalam deck harus sama gak?

    1. Nggak harus sama.. tapi harus tanggung risikonya… risikonya kalau waktu drive check dan dapat trigger, harus ada di lapanganmu klan yg sama dgn clan triggernya… kalau nggak ya, triggernya nggak bisa aktif…

  3. Aku juga punya pertanyaan lagi nih… Dalam giliran pertama,setelah kita mengucapkan”stand up vanguard”kita bisa langsung memasang kartu kelas 3 gak?

  4. Thanks for your publication on this weblog.
    From my personal experience, occasionally softening
    upward a photograph might provide the wedding photographer with a dose of an artistic flare.
    More often than not however, the soft blur isn’t
    just what exactly you had in your mind and can sometimes spoil a normally good photograph, especially if you consider enlarging it.

  5. Wah makasih yah dah share cara main vanguard…cm kok masih blm 50% ngerti hahaha bbrp hr diajarin ama anak2 SD..juga ga ngerti2 😅 (sy salah satu ortu disekul ) maksudnya mo belajar biar bisa ajarin anak sy yg cowok (msh SD kls1) hahaha apa krn dah mulai tua jd ga bs ngeh ya????? 😂

  6. Kak Aku kan Suka yg Namanya Vanguard Aku sering sekali Nonton Anime Vanguard di HPNah,, Penasarankan Cara mainnya Kalo mau nanya Kalo Beli Deck/Kartu Vanguardnya Dimana ya Mksh,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s