Jika belum pernah baca yang ke-1, baca dulu : Cara Bermain Cardfight!! Vanguard #1 : Pengenalan

Haaaii, kita berjumpa lagi dalam Cardfight Vanguard!

Tema yang akan kita bahas disini yaitu mengenai kartu Vanguard yang merupakan senjata utama dalam main Vanguard. Nah, tidak usah basa-basi lagi, ini dia tampilan kartu Vanguard :

~ bagian depan :

~ bagian belakang :

Jika kartu Yu-Gi-Oh! terdiri atas 3 jenis (monster, magic, trap), maka lain halnya dengan kartu Vanguard yang hanya memiliki 1 jenis (unit). Nah, unit dapat digolongkan menjadi 2, yaitu Normal Unit dan Trigger Unit. Sebelumnya, kita sudah mengetahui bahwa dalam sebuah deck harus memiliki 34 Normal Unit dan 16 Trigger Unit.

Kita akan mulai mengetahui gambaran unit itu seperti apa sih…

Mari kita bahas satu per satu :

~ Card Name
Seperti yang kamu tahu, Card Name adalah nama kartunya setiap kartu, memiliki nama yang berbeda-beda. Nah, kita sudah tahu bahwa hanya boleh 4 kartu yang sama persis. Darimana kita tahu, kartunya sama persis? Ya dari Card Name dong. Artinya, dalam sebuah deck maksimal hanya boleh memiliki 4 kartu dengan Card Name yang sama. Jadi, itulah fungsi Card Name. Setiap unit yang sama card namenya, tidak harus memiliki gambar yang sama. Contohnya kartu “Wingal”

~ Unit Type
Seperti yang kamu ketahui, unit itu dibagi 2, Normal Unit dan Trigger Unit. Jadi, itulah fungsi unit type, yaitu untuk mengetahui, kartu “….” merupakan normal unit atau trigger unit. Yang berarti kartu yang diatas tadi (Spark Kid Dragoon) merupakan kartu Normal Unit.

~ Grade
Grade artinya tingkatan. Setiap putaran kamu boleh untuk ride (naikin grade) vanguard, dengan catatan hanya boleh satu kali dalam satu putaranmu. Kartu terdiri atas 4 Grade, yaitu Grade 0, Grade 1, Grade 2, dan Grade 3. Dalam menge-ride, jika vanguardmu Grade 0, maka kamu harus ride dengan unit Grade 1 atau *boleh juga dengan Grade 0* (*tapi jarang orang yang mau melakukan yang seperti itu :D). Jika vanguardmu Grade 1, maka kamu harus ride dengan unit Grade 2 atau *boleh juga dengan Grade 1* (*tapi jarang orang yang mau ngelakuin yang gituan :D). Artinya, kamu boleh ride dengan 1 grade diatas grade vanguardmu atau boleh juga dengan grade yang sama dengan grade vanguardmu dan kamu tidak boleh ride secara lompat-lompat, misalnya dari grade 0 ke grade 2 atau dari grade 1 ke grade 3. Kamu juga tidak boleh ride dengan grade yang dibawah Vanguardmu, misalnya dari grade 3 ke Grade 2.

~ Attack Power
Setiap unit yang berada di garis depan dapat menyerang. Dengan menggunakan apa mereka menyerang? Ya, penentu berhasilnya serangan adalah Attack Power. Serangan berhasil (hit) apabila attack power yang menyerang melebihi attack power unit yang diserang. Serangan juga berhasil (hit) apabila attack power yang menyerang sama dengan attack power yang diserang. Contohnya :
10000 menyerang 7000 maka serangannya hit
8000 menyerang 8000 maka serangannya hit
7000 menyerang 9000 maka serangannya tidak hit

~ Critical
Jika kamu menyerang Vanguard dan setelah itu seranganmu berhasil hit. Maka saatnya lawanmu terkena damage. Berapa kali damage-nya? Tergantung dari Critical unitmu. Jika unitmu memiliki critical 1, maka itu akan memberi lawan 1 damage. Tapi, jarang sekali loh kartu yang memiliki critical 2 atau lebih. Biasanya 1.

~ Shield
Jika unitmu yang berada di lapangan diserang, kamu dapat mengguardnya (melindunginya) agar serangan lawanmu gagal atau tidak hit. Sebagai contoh :
Lawanmu menyerang dengan power 10000, sementara unitmu yang diserang powernya 5000. Jika kamu tidak menginginkan serangannya hit, maka kamu harus melindunginya dengan kartu tanganmu. Misalnya kamu melindunginya dengan Spark Kid Dragoon yang shieldnya 10000. Maka, unitmu yang diserang powernya menjadi 15000 dan serangan gagal atau tidak hit. Karena power unit yang diserang (5000) ditambahkan dengan shield unit yang melindunginya (10000), jadi power total 15000, sehingga serangannya gagal. Jadi, itulah fungsi shield.

~ Skill Icon
Setiap grade (tingkatan) memiliki keistimewaan tersendiri. Dan keistimewaan itu diberi nama Skill Icon (Lambang Keahlian). Berikut keistimewaan setiap grade:

Grade 0 dan 1 : “Boost” Skill
Grade 0 dan 1 memiliki skill yang sama, yaitu “Boost” Skill. Simbol boost skill itu yang paling atas dari gambar di atas. Boost skill berarti memiliki keahlian untuk menambahkan power kepada unit di depannya pada saat unit di depannya menyerang. Boost skill akan berlaku jika unit yang memiliki keahlian boost berada dibelakang (harus sebaris) unit yang akan menyerang. Skill ini bebas mau digunakan atau tidak. Contohnya, kamu akan menyerang dengan menggunakan unit berpower 10000, dan dibelakangnya terdapat unit grade 1 berpower 7000. Jika kamu menggunakan skill boost dari unit grade 1, maka power totalnya adalah 17000 (10000 + 7000). Keren bukan?

Grade 2 : “Intercept” Skill
Ketika kamu mengguard (melindungi) unitmu dari serangan lawan, maka kamu harus mengguard dari kartu di tanganmu. Tetapi, dengan adanya “Intercept” Skill, kamu dapat mengguard dengan unit grade 2 yang berada di lapangan yang terletak di garis depan. Simbol dari Intercept skill berada di tengah dari gambar di atas.

Grade 3 : “Twin Drive!!” Skill
Setiap Vanguard yang akan menyerang, harus melakukan Drive Check, yaitu menunjukkan sebuah kartu yang berada di paling atas deck, setelah ditunjukkan, diambil ke tangan pemain yang melakukan drive check. Khusus untuk Vanguard Grade 3, dapat drive check sebanyak 2 kali berturut-turut. Itulah yang dimaksud “Twin Drive!!” Skill. Simbol “Twin Drive!!” Skill berada di bawah dari gambar di atas.

~ Trigger Icon
Sebelumnya Unit dibagi 2, Normal Unit dan Trigger Unit. Hanya Trigger Unit yang memiliki Trigger Icon. Trigger Unit berfungsi pada saat kamu lagi drive check dan damage check. Jika pada saat drive check kamu mendapatkan Trigger Unit, maka kamu dapat memberi power 5000 kepada salah satu unitmu di lapangan dan mendapat efek tertentu sesuai dengan jenis Triggernya. Begitu juga pada saat damage check. Nah, jadi Trigger Icon terdiri dari 4 jenis yang masing-masing memiliki efek yang berbeda. Inilah jenis-jenisnya :

trigger icon 40

Draw Trigger
Ditunjukkan dari gambar yang paling atas. Efeknya adalah kamu dapat “draw” (mengambil kartu paling atas dari deck) satu kartu. Jadi :
1. Power unit yang dipilih +5000
2. Bisa draw 1 kartu

Critical Trigger
Ditunjukkan dari gambar yang kedua. Efeknya adalah kamu dapat menambah 1 critical ke unit yang kamu pilih. Jadi :
1. Power unit yang dipilih +5000
2. Critical +1 ke 1 unit yang kamu pilih

Heal Trigger
Ditunjukkan oleh gambar yang ketiga. Efeknya adalah kamu dapat meletakkan 1 unit dari damage zone ke drop zone yang artinya damage-mu berkurang 1. Jadi :
1. Power unit yang dipilih +5000
2. Damage -1

Stand Trigger
Ditunjukkan oleh gambar yang paling bawah. Setelah unit menyerang, unit harus di-rest-kan (diistirahatkan). Tapi dengan adanya Stand Trigger, maka kamu dapat memilih 1 unit untuk di-stand-kan (stand lawan dari rest) kembali sehingga unit bisa menyerang kembali. Jadi :
1. Power unit yang dipilih +5000
2. Stand 1 unit yang kamu pilih

~ Clan
Disarankan dalam 1 deck clan-nya harus sama semua, karena kalau beda, efek trigger nggak akan aktif apabila tidak ada kartu di lapanganmu yang sama clannya dengan clan Trigger Unit. Jadi, kalau clan di Vanguard sih ada banyak, Royal Paladin, Kagero, Gold Paladin, Oracle Think Tank, dan yang lainnya. Kalau clan favoritku sekarang adalah Kagero.

~ Race
Kadang-kadang dipakai dalam efek-efek unit tertentu. Tapi kalau menurutku ish, ini kurang peting.

~ Flavor Text
Kata-kata dari si unit. Nggak penting sih.

The last
~ Effect Text

Advertisements

76 thoughts on “Cara Bermain Cardfight!! Vanguard #2 : Kartu

  1. Awal main kita harus ngeluarin kartu grade 0? Apa bisa langsung grade 1? Kartu saya yang grade 0 cuman trigger doang. Agan juga gitu?

    1. Eeeh, maaf… bukan soulcharge 8, tapi soulblast 8… soulcharge berarti isi soul (kartu dibwh vanguard) dari kartu di deck paling atas… kalo soulblast, buang kartu yg ada di soul ke drop zone…

    1. istilah Limit break itu adlh suatu syarat untuk mengaktifkan skill kartu. syaratnya itu berupa “ada 4 kartu damage atau lbh di damage zone mu”, jika memenuhi syarat itu, kamu bisa aktifkan skill dari kartu yg ada limit breaknya. Limit break ada juga yg syaratnya “ada 5 kartu damage atau lebih di damage zone”. Kalo break ride itu istilah skill yang menambahkan power 10000 kpd unit yg menge-ride unit yg punya skill tersebut. Dan persona blast adalh bayaran yg dilakukan dgn cara membuang 1 kartu yg sama dgn kartu yg punya skill itu utk dpt mengeluarkan skillnya…

  2. Maaf untuk tau kartunya bisa limit break,break ride dan persona blast itu dari mana nya trus apakah ketiga efek tersebut bisa untuk unit di rear guard

    1. Semuanya bisa tau dari skill yg tertera dikartunya. Kalau persyaratannya bisa dilihat di komentar aku sebelumnya. Break ride dan persona blast hanya utk vanguard sejauh yg aku tahu. Sedangkan limit break selain utk vanguard jg ada kartu-kartu yg limit break di rear guard, jadi tergantung sama skill kartunya aja…

  3. Damage check itu yang setelah kita diserang, terus hit, kemudian ngambil kartu yang di paling atas deck (top deck) buat dicheck, trus katanya kalo pas dicheck dapetnya kartu trigger yang CRITT ntar damage yang hit tadi gak ngebuat vanguard kita masuk damage zone, bener gak sih?

  4. Kira kira grade 4 di ride dengn cara membuang grade 3 ke drop zone kan kalo betul berarati aku gk salah beli grade 4

  5. Klo pake dimensions police hero apa yg terkuat di dimensions police kak mau nanya donk kak?โ™คโ™กใ€ŠHใ€‹

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s